Jumat, 17 Juni 2011

The Gembells

The Gembells ( Gemar Belajar )

Band ini diperkuat PARDI ARPIN (gitar), HARI DH (kibod), SONNY (drum), ISAK (bas), dan EDO (bongo, timpani). Istri dan anak Victor--DEDE DIANA dan VANKHA VICTOR--menjadi backing vokal.

Musik GEMBELL'S bernapaskan kepahlawanan dan kritik sosial. Mereka menyoroti berbagai persoalan di masyarakat.

DIBENTUK Victor Nasution pada 1972, band arek-arek Suroboyo ini sengaja mencari warna lain. Ketika band dan pencipta lagu umumnya bicara tentang cinta--jatuh cinta, putus cinta, naksir sana-sini--Victor mengusung peristiwa sosial.

Maka, lahirlah hits GEMBELL'S seperti BALADA KALIMAS, SURAPATI WIRA NEGARA, HEY DOKTER, GADIS MEJENG DI JALAN, PAHLAWAN YANG DILUPAKAN, DOLA-DOLI, PERISTIWA KAKI LIMA. Semuanya bicara tentang pahlawan atau situasi sehari-hari yang disaksikan The Gembell's, khususnya Bang Victor, di Surabaya. "Sebelum orang membuat lagu berisi kritik sosial, GEMBELL'S sudah lama melakukan."

Mencermati lirik-lirik GEMBELL'S, kita bisa memotret keadaan Surabaya pada 1970-an hingga 1980-an. Dalam BALADA KALIMAS, Victor mengenang masa keemasan Kali Mas. Sungai kecil di dalam Kota Surabaya itu elok, menjadi lalu lintas perdagangan.

Lagu ihwal kaki lima ini, kata Victor, membuat marah petinggi Surabaya waktu itu. Akibatnya, PERISTIWA KAKI LIMA dilarang diputar di radio-radio swasta. Victor tak ambil pusing, karena mereka masih bisa menyanyikannya di show-show panggung.

DI masa jaya The Gembell's, 1970-an hingga 1980-an, penguasa Republik Indonesia dan Pemerintah Kota Surabaya bermuka dua. Satu sisi THE GEMBELL'S dibenci, lagu-lagu kritik sosial dicekal, karena membuat merah kuping pejabat. Sisi lain Presiden Soeharto sempat memberikan penghargaan khusus kepada Victor dan kawan-kawan. THE GEMBELL'S dianggap sebagai grup yang mampu mengangkat tema pahlawan ke musik.

Referensi : Wong Kam Pung

0 komentar:

Prakata

Keinginan saya sebagai pecinta musik lawas ingin berbagi untuk saling bisa menikmati.

Album - album terdahulu memang layak untuk dinikmati semua kalangan pecinta lagu - lagu lama.

Salam hormat untuk pencipta ataupun penyanyinya, yang mana sudah memberikan kontribusinya di dalam kancah musik khususnya di bumi Indonesia tercinta.
Powered By Blogger

Tentang Aku

Foto Saya
SIGIT
Mencintai Tuhan, keluarga dan 2 orang anak
Lihat profil lengkapku

Sugeng Rawuh ........